KAPAL ALLIANCE ST.LOUIS V.91 ,Jum’at, 09 Oktober
2015,16:25 sandar dan melakukan kegiatan bongkar muat. Dan ada 9 (Sembilan) unit
lokomotif telah di bongkar di lapangan H1 di PT.INDONESIA Kendaraan Terminal.
Rencana hari ini, 10 oktober 2015 akan melakukan delivery.
Lokomotif adalah bagian
dari rangkaian kereta api di mana terdapat mesin untuk menggerakkan kereta api.
Biasanya lokomotif terletak paling depan dari rangkaian kereta api.
Berdasarkan mesinnya,
lokomotif terbagi menjadi
Lokomotif uap.
Cikal
bakal mesin kereta api. Uap yang dihasilkan dari pemanasan air yang terletak di
ketel uap digunakan untuk menggerakkan torak atau turbin dan selanjutkan
disalurkan ke roda. Bahan bakarnya bisanya dari kayu bakar atau batu bara.
Lokomotif diesel mekanis.
Menggunakan
mesin diesel sebagai sumber tenaga yang kemudian ditransfer ke roda melalui
transmisi mekanis. Lokomotif ini biasanya bertenaga kecil dan sangat jarang
karena keterbatasan kemampuan dari transmisi mekanis untuk dapat mentransfer
daya.
Lokomotif diesel elektrik.
Mesin diesel dipakai
untuk memutar generator agar mendapatkan energi listrik. Listrik tersebut
dipakai untuk menggerakkan motor listrik besar yang langsung menggerakkan roda.
Lokomotif diesel hidraulik.
Lokomotif
ini menggunakan tenaga mesin diesel untuk memompa oli dan selanjutnya
disalurkan ke perangkat hidraulik untuk menggerakkan roda. Lokomotif ini tidak
sepopuler lokomotif diesel elektrik karena perawatan dan kemungkinan terjadi
problem besar.
Lokomotif listrik.
Lokomotif ini adalah
lokomotif yang paling populer. Prinsip kerjanya hampir sama dengan lokomotif
diesel elektrik, tapi tidak menghasilkan listrik sendiri. Listriknya diperoleh
dari kabel transmisi di atas jalur kereta api. Jangkauan lokomotif ini terbatas
hanya pada jalur yang tersedia jaringan transmisi listrik penyuplai tenaga
No comments:
Post a Comment